Begini Cara Memanfaatkan Air Hujan untuk Cadangan Air Bersih Kita


  • Air hujan yang jatuh ke atap bangunan ditampung melalui talang di sepanjang tepi atap, kemudian disalurkan melalui pipa ke tangki di halaman belakang. Tangki tersebut berfungsi membersihkan air dari daun, ranting, dan kotoran lain yang terbawa oleh hujan.
  • Air dialirkan ke tangki pertama yang berfungsi menyaring air hujan yang turun selama 10 menit pertama atau biasa disebut first flush. Air tersebut biasanya mengandung lebih banyak polusi dan kotoran sehingga harus diolah secara khusus.
  • Kemudian, air dimasukkan ke tangki kedua yang berukuran 10 m x 3 m x 2 m, di dalamnya terdapat dua buah bak terpisah dengan fungsi yang berbeda. Bak pertama untuk proses penyaringan atau filterisasi, berisi lapisan zeolit setebal 4 cm, ijuk, dan karbon aktif untuk membersihkan air hujan dari kotoran halus. Bahan-bahan tersebut ditempatkan pada satu nampan (tray) agar mudah untuk diangkat dan diganti setiap enam bulan sekali. Selanjutnya, bak kedua untuk menyimpan air yang sudah bersih dan siap digunakan kapan saja dibutuhkan.
  • Terakhir, air bersih didistribusikan ke tempat cuci tangan dan toilet serta dialirkan ke toren di lantai dua dengan menggunakan pompa air.
source : http://majalahasri.com/langkah-sederhana-memanen-air-hujan/

Komentarlah Yang Sopan dan Berkuliatas!
Jangan Asal Comment!
Komentar Name/Url tidak akan dipublish Gantinya lebih baik pakai
Anonim .